Thursday, March 15, 2012

Besi Bukan Berasal dari Bumi !

Discussion - "Islam & Science"
Paseban - Indonesian Social Network and Community
http://www.paseban.com/IS/discussions/1430#post7311

"Besi bukan berasal dari bumi !"
Arief Hidayat (Owner)
14 Januari 2012

Banyak yang tidak tahu bahwa besi adalah salah satu unsur yang sebenarnya bukan asli tercipta dari bumi maupun tata surya dimana kita hidup untuk mengabdi kepada Allah swt. Padahal
Al-Quran sudah menyatakan hal tersebut secara eksplisit. Coba kita lihat ayat berikut :
Sesungguhnya, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan). Dan kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul Nya, padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha-kuat lagi Maha-perkasa. (QS Al-Hadid, 57 : 25)
Kata anzalna digunakan dua kali dalam ayat ini, yang secara harfiah berarti ‘Kami turunkan’. Tetapi terjemahannya menjadi berbeda untuk dua hal tersebut, pada saat dikaitkan dengan Al Kitab, anzalna benar2 diartikan ‘Kami turunkan’. Sedangkan pada saat dikaitkan dengan besi jadi berbeda : kata wa anzalna hadid diterjemahkan dan Kami ciptakan besi ….. (lihat Al-Quran versi bahasa Indonesia !). Mengapa kita tidak memakai arti harfiahnya saja bahwa memang Allah menurunkan Besi dari langit ke bumi ? mungkin karena kurangnya pengetahuan kita tentang tata surya.

Hasil penelitian modern ribuan tahun kemudian membuktikan bahwa ayat Al-Quran ini mempunyai keajaiban ilmiah : ternyata besi yang ditemukan di bumi berasal dari bintang-bintang raksasa di luar angkasa. Hal ini karena temperature matahari kita (matahari = bintang) tidak cukup untuk pembentukan besi. Permukaan matahari mempunyai temperature 6000 derajat celcius sedangkan inti nya mendekati 20 juta derajat. Besi hanya bisa diciptakan oleh matahari (bintang) yang mempunyai temperatur ratusan juta derajat. Ketika jumlah besi sudah melampui level tertentu bintang tersebut tidak kuat menanggung dan meledak. Peristiwa ledakan tersebut dinakamakan ‘supernova’, yang menyebabkan penyebaran besi ke seluruh penjuru alam semesta. Sudah barang tentu manusia yang hidup di zaman rasulullah akan kesulitan memahami hal ini.

Ahli mikrobiologi terkenal, Micahel Denton, mengatakan :
Dari seluruh logam yang ada, tidak ada yang lebih penting bagi kehidupan daripada besi. Akumulasi besi di pusat bintang merupakan pemicu ledakan supernova dan penyebaran atom2 vital bagi kehidupan di penjuru cosmos. Penarikan atom besi oleh gravitasi ke muka bumi primitive menimbulkan panas yang menyebabkan perubahan kimiawi bumi, pengeluaran gas yang membentuk atmosfer awal dan akhirnya pembentukan hidrosfer. Besi cair di pusat bumi berfungsi sebagai dynamo raksasa dan membangkitkan medan magnet bumi yang akhirnya membentuk sabuk Van Allen yang melindungi bumi dari radiasi kosmis berenergi tinggi yang berbahaya sekaligus melindungi lapisan ozon dari radiasi yang merusak.

Sekali lagi Allah swt menunjukan ke Maha-Besaran Nya, dengan cara yang terkadang kita tidak bisa pahami. Ayat tersebut juga menunjukan kasih saying Allah swt agar kita bisa hidup tenang dimuka bumi karena peran unsur besi. Bagaimana kita bisa ragu bahwa Muhammad saw adalah membawa pesan langsung dari Sang Pencipta.

0 comments:

Post a Comment

 
;