Thursday, March 15, 2012

Bermimpilah !


Impian memberikan sesorang sebuah visi. Sehingga orang itu mempunyai tujuan untuk digapai dalam hidupnya. Ketika seorang pelajar dihadapkan kepada pilihan untuk mengambil jurusan yang diminatinya, kebanyakan remaja merasa bingung. Namun, tidak sedikit remaja yang sudah menetapkan jurusan yang akan diambil dari jauh-jauh hari karena sudah mantap hatinya. Pelajar yang masih kesulitan
untuk menentukan jurusan, pasti masih kesulitan juga dalam membentuk visi hidupnya. Ini dikarenakan perilaku acuh tak acuh terhadap masa depan semasa sekolahnya, atau perilaku hedonisme yang sering dilakukanya, atau mungkin dia menguasai banyak bidang, namun tak tahu harus memilih yang mana. Kasus-kasus seperti ini masih umum ditemui pada remaja Indonesia. Kita tidak harus menyalahkan siapa-siapa, namun yang harus kita mulai adalah memperbaiki apa yang ada pada diri kita sendiri.

Teguhkanlah prinsip hidup diri kita. Apa saja yang kita jadikan sebagai dasar untuk melakukan sesuatu? Apa prinsip kita?
Prinsip yang kuat menandakan fondasi pemikiran kita sudah kokoh.
Prinsip yang kuat menentukan ke jalan mana hidup kita akan ditempuh.

Bila sudah mempunyai prinsip yang kokoh, kita harus menentukan tujuan.
Arah mana yang dituju? Hidup macam apa yang kita inginkan?
Kadangkala orang takut untuk bermimpi. Padahal, semasa kecil dahulu impian bagaikan obrolan sehari-hari yang tak ada habisnya untuk dibicarakan. Mimpi itu penting untuk menentukan visi dan tujuan hidup. Seseorang yang tak pernah bermimpi, berarti tak pernah membayangkan, akan seperti apa masa depanya. Kita memang tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, mimpi memberikan kita bayangan akan tujuan hidup yang mesti kita gapai, sehingga hidup kita lebih bermakna karena adanya hal mulia yagn ingin kita capai.

Setelah itu, yang paling penting adalah menjalani cara-cara untuk menggapai mimpi itu. Tentunya, yang halal dan baik. Karena tanpa usaha yang disertai ridho Allah SWT , sampai kapanpun mimpi hanya akan menjadi angan-angan belaka.

Bermimpilah, dan berusahalah untuk menggapainya !

0 comments:

Post a Comment

 
;